TOTURIAL PUBLIC SPEAKING


TOTURIAL PUBLIC SPEAKING


            Ketika sobat akan berbicara di depan umum seperti berpidato, ceramah, presentasi, dan kegiatan lainnya yang melibatkan banyak orang sebagai audience tentunya perlu tehnik – teknik khusus agar tampil memukau. Memang berbicara secara lisan di depan orang adalah hal yang biasa dan mudah saja bagi orang – orang yang memiliki pekerjaan atau konsen di bidang itu. Contoh – contoh pekerjaan yang membutuhkan banyak berbicara di depan orang banyak adalah dosen, politisi, pekerja seni, presiden, dan lain sebagainya. Tapi bagaimana apabila kita jarang berbicara di depan banyak orang? Akankah mudah juga?.

            Tentunya setiap orang memiliki perbedaan jawaban untuk pertanyaan di atas. Tapi yang pasti Sobat semua harus mempersiapkan diri agar tampil memukai di depan orang banyak. Baik orang yang berpengalaman atau baru mau memulai, wajib hukumnya untuk terus belajar dan meningkatkan kapasitas diri. Jangan sampai ketika sudah berada di depan umum Sobat nervous atau lupa harus berbicara apa. Maka dari itu penulis akan membagikan tutorial public speaking.

            Banyak loh diantara kita yang ketika berada di depan orang biasanya merasa gugup, grogi, merasa kurang percaya diri, tidak biasa, takut salah ucap, takut nge-blank, dan lain – lain. Perasaan – perasaan tadi sebenarnya karena Sobat atau kita sebelumnya belum terbiasa atau kurang latihan. Jadi pentingnya latihan adalah sebagai jalan bagi kita untuk memetakan apa saja kemungkinan yang akan terjadi.
            Salah satu tutorial menarik yang di ajarkan oleh speaker terkenal dunia, Lars Sudmann bahwa ketika melakukan publik speaking maka harus ingat pada 4 komponen utama. Empat komponen utama yang tidak boleh lupa yaitu, pertama isi atau materi yang akan disampaikan, kedua organisasi atau struktur, ketiga penyampaian, dan yang keempat adalah efek. Nah penulis di bawah ini akan menjelaskannya satu persatu.

1. Persiapkan dengan matang Konten / Isi / Materi
            Poin ini sangat penting, karena inti utama dari public speaking yang kita sampaikan adalah materi ini. Sobat semua harus meriset secara mendalam dan mempersiakannya baik – baik agar materi yang disampaikan adalah materi yang memang sesuai dengan keinginan sobat. Maksud dari materi yang diinginkan sobat adalah materi yang sobat rasa sudah maksimal dan membuat sobat percaya diri untuk menyampaikan materi tersebut.

            Lars juga mengatakan bahwa pada poin ini memiliki tahapan yang penting, seperti
·         Tentukan Tujuan yang jelas
Agar konten kita memiliki arah yang fokus, maka Sobat harus menentukan di awal apa tujuan yang ingin digapaui. Sehingga penyampaian materi ini tidak kemana – mana.

·         Kenali Audiens
Dalam menyampaikan materi tentunya Sobat harus mengenali audiens sobat seperti apa. Sesuaikan materi dengan audiens yang akan menerima materi Sobat, jangan sampai audiens yang malah harus susah payah menyesuaikan dengan materi sobat. Misalnya audiens sobat adalah anak – anak, maka sobat harus menyesuaikan materi yang masuk kedunia anak – anak. Bisa juga mengidentifikasi siapa mereka, apa posisi mereka, dan yang terpenting mengapa mereka datang menghadiri acara sobat.
·         Jangan banyak berasumsi
Lars pernah mengatakan bahwa “don’t try to mind read your audience”, maksudnya jangan coba membaca pikiran audiens sobat yang dapat menyebabkan sobat menjadi tidak percaya diri. Tetaplah berfikir positif terhadap audiens sobat semua, itu adalah kunci sobat bisa menyampaikan materi dengan sukses.

2. Harus ter-Organisation – Organisasi atau Struktur
            Sebuah pidato, ceramah, persentasi, atau bahkan berbicara dengan lawan bicara harus memiliki struktur yang jelas. Itu adalah syarat utama agar apa yang sobat sampaikan dapat dimengerti atau mudah dipahami oleh audiens.
            Bila perlu sobat harus menuliskannya secara detail tahapan demi tahapan. Kata apa saja yang mungkin biasa mengawali suatu kaliamat pembicaraan dan lain sebagainya. Walaupun ini dianggap tidak penting, namun ketika sobat tidak melakukannya besar kemungkinan sobat akan kesulitan untuk memahamkan audiens di depan kita.




0 Response to "TOTURIAL PUBLIC SPEAKING"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel