TUTORIAL PUBLIC SPEAKING YANG BAIK DAN BENAR


TUTORIAL PUBLIC SPEAKING YANG BAIK DAN BENAR



            Berbicara di depan orang banyak atau public speaking tidak hanya sekedar berkutat pada masalah bagaimana sobat bisa menyampaikan suatu gagasan atau materi atau konten. Tapi lebih dari itu sobat juga harus menyampaikannya dengan baik dan benar agar tampil memukai. Sebenarnya fungsi dari public speaking dengan baik dan benar adalah agar materi yang kita sampaikan bisa memberi manfaat bagi audiens yang mendengar. Harapannya audiens dapat memahami dan menikmatinya dengan renyah.

            Bayangkan oleh sobat apabila kita tampil di depan orang banyak tapi dengan penampilan apa adanya. Bahkan apabila di bumbui dengan perasaan gerogi, lupa materi, dan tidak terstruktur dalam menyampaikannya. Sudah pasti audiens juga akan malas melihat kita. Hal tersebut akan berimbas pada materi yang tidak diterima dengan sempurna.

            Sebelumnya kita telah membahas tutorial public speaking, sekarang kita tambahkan poin – poin yang dapat menambah performa sobat agar menjadikan public speaking sobat dapat baik dan benar. Mungkin penulis akan sedikit mengingatkan bahwa ketika kita public speaking, kita harus ingat 4 poin, pertama konten yang akan disampaikan dan yang kedua adalah organisation atau struktur.

            Nah sekarang, kita lanjutkan poin selanjutnya yang pernah di sampaikan oleh lars, seorang speaker terbaik dunia. Berikut poin – poin yang penting agar public speaking sobat dapat baik dan benar:

1. Mempersiapkan Delevery / penyampaian
            Tahap lanjutan setelah sobat mempersiapkan konten dan struktur adalah metode penyampaian. Dalam poin ini sobat akan di ajak untuk berlatih untuk menyampaikan materi atau konten yang telah dipersiapkan dengan bahasa tubuh yang baik dan benar. Mungkin penulis tidak akan menjelaskan bagaimana bahasa tubuh yang baik dan benar secara mendetail.

            Sobat bisa menyesuaikan dengan bahsa tubuh yang senyaman mungkin. Tapi sobat juga perlu menyelaraskannya dengan kondisi audiens, formal atau tidak formal. Atau mungkin audiens adalah orang – orang yang sudah lanjut usia. Mungkin sobat bisa menyesuaikannya sesuai dengan umur dan lain sebagainya. Tujuan dari bahasa tubuh ini agar audiens dapat menerima materi yang kita sampaikan.

            Tips buat sobat, jangan sekali – kali sibuk dengan diri sobat sendiri. Misalnya memainkan ballpoint sepanjang berbicara dari awal sampai selesai. Usahakan untuk mengalihkannya ke hal lain, mungkin maksud dari memainkan ballpoint adalah agar sobat tidak grogi. Tapi ini dapat mengurangi performa sobat. Atau juga sobat memainkan nametag dan lain sebagainya yang merusak pengelihatan audiens.

            Cobalah dengan berjalan dengan seduah tujuan yang jelas atau dalam bahasa kerennya walk with purpose. Maksudnya apa?, sobat untuk menghilangkan grogi  bisa berpindah – pindah posisi dari sisi satu ke sisi yang lain, tapi dengan ritme yang terukur.
            Kemudian tatap kedepan ke audiens sobat, kalau bisa lakukan kontak mata secara wajar. Perhatikan audiens sobat, jangan terlalu lama dan jangan juga terlalu cepat. Ini akan meningkatkan keseriusan sobat dalam menyampaikan materi.

            Tips terakhir dari poin ini adalah, temukan gaya alami dari diri sobat semua. Jangan terpaku pada gaya orang lain yang tidak sehati dengan sobat.

2. Effect atau Efek
            Nah, tips ini adalah tips pamungkas. Lars mengatakan kalau poin – poin di atas adalah bahan yang akan di masak, poin yang ini adalah bumbunya. Bahan makanan yang tidak di bumbui pastinya tidak enak bukan sobat.

            Efek ini meliputi bagaimana kita mengemas suatu materi dalam sebauh bentuk yang menarik. Misalnya dikemas dalam sebuah slide presentasi visual atau dalam sebuah vidio yang inspiratif. Atau bisa juga sobat tambahkan dalam sebuah humor yang cerdas. Sebuah public speaking akan semakin memukau dengan pengemasan ini.

3. Tell Your Stories
            Terakhir adalah temukan topik pembicaraan dan berbicaralah kepada audiens sobat. Penulis tidak akan panjang lebar menjelaskannya karena setiap orang punya caranya sendiri.

0 Response to "TUTORIAL PUBLIC SPEAKING YANG BAIK DAN BENAR"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel